Jagoan Muda Bersaing Tiket Olimpiade Posted on May 18, 2011 by admin -MathQ

23 05 2011

Lomba kompetisi matematika tingkat sekolah dasar se Kota Depok kembali digelar. Bertempat di aula Balaikota Depok, sebanyak 350 peserta menguji kemampuan berhitungnya. Nantinya para pemenang akan mewakili Depok di ajang olimpiade matematika tingkat nasional hingga internasional.

“Kompetisi yang diperlombakan kali ini lebih menekankan kepada matematikan nalar realistik. Pertanyaannya berupa peristiwa sehari-hari yang biasa dialami anak-anak dan jawabannya menggunakan logika. Jenis pertanyaan-pertanyaan ini adalah yang digunakan pada olimpiade matematika. Melalui lomba ini, kami ingin mengenalkan kepada anak-anak materi pelajaran matematika tersebut,” kata Siti Surahmi, Ketua Panitia, Minggu (27/3).
Siti yang juga menjabat Ketua Math Q se Kota Depok memaparkan terdapat 75 sekolah dasar terdiri atas kelas 3 hingga 5 SD dengan jumlah peserta sebanyak 350 anak. “Sebelumnya, kami telah mengirimkan undangan kepada pihak sekolah melalui Dinas Pendidikan Kota Depok. Sekolah akan memilih murid yang dianggap memiliki kemampuan khususnya di mata pelajaran matematika. Masing-masing sekolah hanya dapat mengirim enam anak,” jelas Siti.
Kompetisi terbagi menjadi dua babak. Babak pertama atau penyisihan soal berupa pertanyaan dengan jawaban isian singkat. “Dari 350 peserta itu, akan disaring menjadi 66 finalis. Mereka yang terpilih diharuskan menjawab pertanyaan dengan jawaban uraian. Untuk kelas 3 dan 4 SD mengerjakan 5 soal, sedangkan 8 soal untuk kelas 5 SD. Dari finalis-finalis tersebut, tiap-tiap kelas akan dipilih juara 1 hingga 3,” ungkapnya.
“Kami bekerjasama dengan Klinik Pendidikan Matematika dan IPA (KPM). Mereka yang menyediakan soal. Mereka memang sudah terbiasa membuat soal-soal kompetisi matematika khususnya olimpiade matematika. Sudah banyak anak-anak didiknya mewakili Indonesia mengikuti ajang skala internasional. Alhamdulillah, siswa-siswa Depok pun beberapa ada pula yang berkompetisi matematika di luar negeri seperti Negara Singapore, Thailand dan Filipina,” papar Siti.
Siti bersama teman-teman Math Q juga memberikan seminar pendidikan bagi pengajar matematika. “Kami juga adakan pembinaan kepada para guru matematika. Seminar pengajaran kepada guru tersebut berupa metode pembelajaran matematika yang kreatif. Seperti yang diketahui pelajaran matematika dianggap materi yang sulit. Namun di sini kami memberikan pemahaman kepada guru bahwa pelajaran matematika harus disampaikan secara menarik, fun, dan ringan. Sehingga, anak-anak dapat menerima dengan mudah,” tandasnya.
Juara kompetisi matematika masing-masing tergantung kelasnya. Untuk kelas 3 SD diraih pelajar SDIT Umul Quro, yang bernama Yaseen Fajrie Yudha, juara 2 diraih M Ardhi dari SDIT Al Fikri, juara tiga diraih Seranisiana dari SDN Beji 5.
Sedangkan untuk kelas 4 diraih M Irfan dari SDIT Al Qalam, juara 2 diraih Yuka Michellia, juara 3 diraih Irvan Urane Azis dari SDIF Al Fikri dan juara 1 untuk kelas 5 diraih M. Alief.

Jurnal Depok, Senin (28/3).


Aksi

Information

2 responses

20 06 2011
mathq@yahoo.com

Subhanallah keliput media ya! semoga bermanfaat

7 01 2013
M Azhar Fadhlurohman (@azharf_)

Subhanallah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: