KURIKULUM

SDIT Al Qalam menggunakan kurikulum nasional yang dipercaya dengan pendekatan nilai-nilai Islam. Disamping itu juga memberikan pelajaran Agama yang proporsional dengan pelajaran umum. Berpedoman pada kurikulum tersebut maka disusunlah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang mencakup program akademik dan non akademik.

BEBERAPA HAL YANG ADA DI SDIT ALQALAM ;

1. Waktu belajar
Pembelajaran dilaksanakan dengan sistem full day school dari senin-jum’at pukul 07.15 sampai dengan 16.00 (kelas 3-6) dan 13.30 (kelas 1-2) dan hari Sabtu belajar dirumah.Proses pembelajaran bukan hanya dilakukan di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas sesuai dengan materi yang dibahas dan diperbanyak pembelajaran langsung. Dalam proses pembelajaran, siswa diberi kesempatan untuk selalu berpartisipasi aktif, mengembangkan kreatifitasnya dan dilatih untuk dapat memecahkan masalah sendiri.

2. Ekstra Kurikuler (Ekskul)
Kegiatan ini dikonsentrasikan pada hari jum’at (ba’da jumat). Sekolah  terus berupaya mengembangkan kegiatan ini agar pelaksanannya lebih professional Kerjasama demi kerjasama dirintis untuk memaksimalkan kualitas pendidikan khususnya kegiatan ekskul. Beberapa Eskul seperti karate, Sains, teater, bahsa Inggris, futsal, bulu tangkis. Semoga dengan adanya Ekskul ini dapat mengembangkan bakat yang dimiliki oleh siswa/i kita.
3.  Pembagian  rapot
Perkembangan dan hasil belajar berisi catatan hasil belajar siswa yang terdiri dari angka yang didapat selama 1semester. Orang tua dapat mengkonsultasikan perkembangan anaknya kepada wali kelas

4.Kunjungan Edukasi
Penerapan konsep belajar langsung dengan sumbernya menjadi tujuan utama dalam kegiatan ini. Kunjungan edukasi ini dilaksanakan dalam satu tahun sekali. Materi pokok mengacu dengan tema / bahasan ditiap-tiap mata pelajaran yang dikaitkan / dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, kunjungan edukasi diartikan belajar langsung pada sumbernya. Ini menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Halaman sekolah serta lingkungan sekolah dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa

6. Lingkungan Islami
Lingkungan Islami senantiasa ditanamkan kepada siswa dalam keseharian di sekolah melalui program pembiasaan  seperti makan dengan memakai tangan kanan, minum & makan  sambil duduk, dll

7.Layanan Katering
Ketering merupakan layanan yang kami berikan guna  membantu orangtua serta mendukung siswa dalam membiasakan makanan menu sehat yang bergizi.

8. Klinik Sekolah

Klinik sekolah dikelola oleh para medis yang ahli dibidangnya. Ini merupakan kerjasama dengan para orang tua siswa SD/SMP/ ALUMNI . Dimana jadwal kontrol kesehatan baik dari kesehatan gigi dengan didampingi oleh dokter Gigi, dan kesehatan anggota badan lainnya dengan dokter umum.
Klinik Sekolah merupakan bagian dari layanan kesehatan bagi siswa yang sakit di sekolah Jika siswa membutuhkan perawatan lebih, sekolah segera menghubungi orang tua untuk istirahat dirumah atau diantar ke rumah sakit/dokter. Setiap 1 tahun sekali sekolah memberikan general cek up untuk siswa/i pada perawatan gigi + umum.

9  Labotarorium Komputer
Kurikulum yang jelas terarah, terprogram serta diampu oleh ahlinya, menghasilkan kualitas belajar yang baik. Sekolah  bekerjasama dengan lembaga lain dalam pelaksanaannya. Guru komputer akan memberikan skill khusus yang dapat membantu siswa dalam membuat tugas yang diberikan oleh gurunya.

10. Laboratorium IPA

laaboratorium ini digunakan sebagai penunjang dalam pembelajran, dimana terdapat media-media yang terkait dengan bidang IPA sebagai pembangkit minat belajar siswa dalam sehari-sehari.

 

11. labororium Bahasa

laaboratorium ini digunakan sebagai penunjang dalam pembelajran, dimana terdapat media-media yang terkait dengan bidang Bahasa (Inggrisa, Indonesia dan Arab) sebagai pembangkit minat belajar siswa dalam sehari-sehari.


12. Shalat Dhuha dan Murojaah di pagi hari

Ini dilaksanaka pada pukul 07.30-8.00 sebagai pembiasaan dalam sehari-sehari sebelum mulai KBM. Yang Insya Allah akan menenangkan, memudahkan dalam menerima pembelajaran.




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: